Selasa, 23 Oktober 2012

JENIS-JENIS KOMPUTER BERDASARKAN UKURANNYA

MIKRO COMPUTER
Mikrokomputer adalah interkoneksi antara mikroprosesor (CPU) dengan memori utama (main memory) dan antarmuka Input-Output (I/O devices) yang dilakukan dengan menggunakan sistem interkoneksi bus. Berikut adalah susunan gambar dari Mikrokomputer.
Mikro Computer


Bagian-Bagian Mikrokomputer
1)      CPU/Mikroprosesor
2)      Memori Utama (Main Memory)
a)      RAM (Random Access Memory)
b)      ROM (Read Only Memory)
c)      Input/Output (I/O) Devices


MINICOMPUTER
Komputer mini (Inggris: minicomputer) adalah kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi. Istilah komputer mini dalam era sekarang ini sudah dianggap kuno dan diganti dengan istilah-istilah seperti komputer menengah IBM (midrange system) dalam duniaIBM, stasiun kerja (workstation) dalam dunia Sun Microsystems dan UNIX/Linux serta server.

PDP-7, Mini Computer


Jenis-jenis komputer mini
Berikut ini adalah beberapa komputer mini yang pernah beredar:
a.    PDP-8 (Programmable Data Processor 8) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis pada tahun 1965 dengan harga 18500 US$. Komputer mini ini adalah komputer mini paling laku pada jamannya.
b.    PDP-11 (Programmable Data Processor 11) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis pada tahun 1970.
c.    VAX (Virtual Address eXtension) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis akhir dekade 1970-an.
d.    Xerox Star, yang merupakan komputer dengan antarmuka grafis (GUI) pertama di dunia.
e.    IBM System/370


SMALL COMPUTER
Komputer skala kecil, merupakan komputer yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer desktop atau komputer pribadi yang umumnya digunakan oleh satu orang pada satu saat.
Small Computer

MEDIUM COMPUTER
Komputer untuk skala menengah. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini, yang biasanya melayani penggunanya pada dumb terminal.
Medium Computer

LARGE COMPUTER
Komputer untuk skala besar. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mainframe. Pada mesin tersebut dapat diakses beramai-ramai, dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap. Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small.
Large Computer


SUPER COMPUTER
Komputer ini merupakan komputer paling bertenaga. Aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah. Komputer ini biasanya memiliki beberapa prosesor sekaligus untuk menjalan-kan tugasnya.
Super Computer






referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer_mini






7 komentar: