Selasa, 14 Mei 2013

Perubahan Budaya Manusia dan Dampaknya


Budaya atau kebudayaan manusia adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari jiwa manusia itu sendiri. Di Indonesia terdapat banyak sekali suku dengan budaya yang berbeda satu dengan yang lainnya. Namun, perbedaan itulah yang menjadi identitas bangsa Indonesia, bukanlah suatu perbedaan yang menyebabkan perselisihan.
Tidak dapat dipungkiri lagi, perubahan dan perkembangan budaya manusia terus terjadi seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan di era globalisasi ini. Terjadinya perubahan budaya disebabkan oleh beberapa hal:
a.       Sebab-sebab yang berasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri, misalnya perubahan jumlah dan komposisi penduduk.
b.      Sebab-sebab perubahan lingkingan alam dan fisik tempat mereka hidup. Masyarakat yang hidupnya terbuka, yang berada dalam jalur-jalur hubungan dengan masyarakat dan kebudayaan lain, cenderung untuk berubah lebih cepat.

Perubahan pada budaya manusia, umumnya didominasi oleh budaya asing dari barat. Dari perubahan yang ada, tentu saja tidak semuanya dapat diterima begitu saja. Umunya unsur-unsur budaya asing yang mudah diterima adalah :
a.       Unsur kebudayaan kebendaan seperti peralatan yang terutama sangat mudah dipakai dan dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya. Contohnya, alat tulis yang banyak dipergunakan orang Indonesia diambil dari unsur-unsur kebudayaan barat.
b.      Unsur-unsur yang terbukti membawa manfaat besar, misalnya radio, komputer, televisi, handphone, internet yang banyak membawa kegunaan terutama sebagai alat komunikasi.
c.       Unsur-unsur yang dengan mudah disesuaikan dengan keadaan masyarakat yang menerima unsur tersebut, seperti mesin penggiling padi yang dengan biaya murah serta pengetahuan teknis yang sederhana, dapat digunakan untuk memperlengkapi pabrik-pabrik penggilingan.

Unsur-unsur kebudayaan yang sulit diterima oleh masyarakat adalah :
a.       Unsur yang menyangkut sistem kepercayaan seperti, ideologi, falsafah hidup, dan lain-lain.
b.      Unsur-unsur yang dipelajaru dengan taraf pertama proses sosialisasi. Contoh yang paling mudah adalah soal makanan pokok suatu masyarakat. Nasi sebagai makanan pokok sebagian besar masyarakat indonesia sukar sekali diubah dengan makanan pokok yang lain.




Perubahan budaya juga akan memberika dampak bagi manusia itu sendiri
a.   Dampak Positif:
Dengan adanya Kemajuan dalam bidang teknologi dan peralatan hidup, masyarakat pada saat ini dapat bekerja secara cepat dan efisien karena adanya peralatan yang mendukungnya sehingga dapat mengembangkan usahanya dengan lebih baik lagi.
Lebih lanjut lagi dampak positif dalam globalisasi misalnya, adalah:
1.  Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
2.  Terjadinya industrialisasi
3.  Produktifitas dunia industri semakin meningkat.
4.  Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki
5. Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi Meskipun demikian ada pula dampak negatifnya antara lain;1. terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan2. Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”.

b.   Dampak Negatif:
Dapat menghilangkan kebudayaan asli Indonesia, serta dapat terjadi proses perubahan social didaerah yang dapat mengakibatkan permusuhan antar suku sehingga rasa persatuan dan kesatuan bangsa menjadi goyah.
Apabila budaya asing masuk ke Indonesia, dan tidak ada lagi kesadaran dari masyarakat untuk mempertahankan dan melestarikannya, dipastikan lagi masyarakat Indonesia tidak akan dapat lagi melihat kebudayaan Indonesia kedepan.

Lebih lanjut lagi mengenai dampak negatif yang ada, misalnya :

1. Penyalahgunaan Fungsi
     bebasnya setiap orang mengakses ataupun menggunakan teknologi, maka dengan mudah juga terjadi penyalahgunaan fungsi dari teknologi tersebut.

2. Pemborosan Biaya
     Teknologi yang tidak akan ada habisnya, akan membuat para penggunanya tidak pernah puas sehingga perlu biaya untuk selalu mengupdate teknologi yang mereka miliki ataupun penggunaan teknologi komunikasi yang makin meluas juga diikuti penambahan biaya.

3. Global Warming
     pengalihan kinerja manusia ke mesin tentu makin menyebabkan polusi udara sehingga memperparah pemanasan global, namun akhir akhir para produsen teknologi telah memproduksi segala kebutuhan teknologi yang di imbangi dengan pelestarian alam dan ramah lingkungan.

Contoh dari dampak positif dan negatif dari perkembangan budaya yakni :

a.   Contoh dampak positif :
Sebagai contoh saya mengambil dari budaya yang ada sekarang misalnya saja perkembangan pada pengetahuan teknologi. Sekarang teknologi bukan lagi jadi bahan yang tabu di masayarakat umum dengan kemajuan teknologi semua dapat dengan mudahnya di selesaikan. Sebagai contoh penggunaan gadget, laptop dan lain sebagai nya, dengan gadget dan laptop kita dapat mengetahui informasi apapun, kapanpun dan dimanapun dengan mudah, dengan koneksi intenet tentunya.

b.   Contoh dampak negatif :
Dari contoh dampak positif diatas dapat kita artikan juga sebagai dampak negatif di karenakan jika dalam penggunaan teknologi itu tidak benar tentunya akan menjadi sangat berbahaya. Sebagai contoh yaitu, penipuan, perjudian, kejahatan dunia maya dan lain sebagainya. Oleh karena itu kita sebagai manusia haruslah selektif dalam memilih hal yang dapat merugikan dan juga menguntungkan serta dapat berdampak positif dan juga negatif.

Sumber :
http://longtime-paradise.blogspot.com/2011/03/dampak-positif-negatif-perkembangan.html
http://juliianthoe.blogspot.com/2012/12/pengaruh-dan-dampak-budaya-asing-di.html

3 komentar:

  1. Assalamualaikum Wr. Wb

    Untuk sekedar info,,,
    Blog : http://Juliianthoe.blogspot.com

    Sudah berganti nama menjadi
    http://Juliianto.blogspot.com

    Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
    Admin : Julianto
    Wassalamualaikum Wr.Wb


    Assalamualaikum Wr. wb

    For information,,,
    Blog: http://Juliianthoe.blogspot.com

    Has been change renamed
    http://Juliianto.blogspot.com

    Thank’s for your attention
    Admin: Julianto
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  2. How does the interconnectedness of human culture and the constant evolution of cultural dynamics manifest in Indonesia, considering the diverse ethnic groups with distinct cultures?
    Telkom University

    BalasHapus